Akibat yang Orangtua Harus Tau Apabila Anak Banyak Makan Coklat

Curious cute kid girl eating dark chocolate and looking fun

Daya pikat coklat memang tidak bisa disangkal. Anak-anak dan orang dewasa sama-sama menyukai rasa halus, lembut, dan terkadang pahit yang kamu dapatkan dari makan coklat. Cokelat bahkan dipuji karena memiliki antioksidan dan beberapa manfaat kesehatan jantung. Namun apakah coklat hanya memiliki manfaat terhadap tubuh? tentu saja tidak.

Dikutip dari parenting.firstcry.com, Coklat memang baik untuk kesehatan jantung. Namun, tak bisa disangkal bahwa coklat juga mempunyai efek buruk terhadap tubuh anak terlebih apabila anak memakan coklat yang cenderung berlebihan. Jika dikonsumsi terlalu banyak, gula dalam coklat bisa menimbulkan masalah kesehatan pada anak. Selain gigi berlubang banyak dampak yang akan muncul apabila anak terlalu banyak makan coklat.

Menyebabkan Insomnia

Coklat menyebabkan insomnia dan hal ini bukan hanya masalah yang mengganggu orang dewasa saat ini, tetapi menjadi masalah yang besar apabila anak-anak mengalami insomnia atau susah tidur. Meskipun ini mungkin bukan karena stres pada anak-anak, kehadiran kafein di sebagian besar cokelat saat ini dapat menjadi stimulan bagi anak-anak, dan membuat mereka tetap terjaga di malam hari, dan merampas jumlah tidur yang mereka butuhkan. Penyebab kurang tidur pada anak-anak dapat menjadi hal yang serius, selain membuat anak-anak merasa lelah pada pagi hari, hal ini juga dapat menjadi jangka panjang yang buruk pada anak-anak.

Beresiko Terkena Diabetes

Bukan cokelat yang menyebabkan diabetes, tetapi efeknya pada sensitivitas insulin yang menjadi biang keladinya. Bahkan pada anak-anak, mengonsumsi cokelat dalam jumlah selangit dapat menyebabkan beban besar pada produksi insulin tubuh, dan dapat menjadi dasar untuk memicu diabetes tipe 2 cukup awal dalam kehidupan. Banyaknya kandungan gula pada campuran coklat ini dapat menjadi resiko yang besar untuk terkena diabetes. Apalagi banyak dari kandungan coklat yang justru menggantikan rasa coklat tersebut dengan kandungan gula yang jauh lebih banyak.

Gigi Berlubang

Hal lain yang perlu dikhawatirkan yaitu dampak dari gigi berlubang akibat terlalu banyak makan coklat. Hal ini disebabkan akibat kebiasaan buruk anak setelah mengkonsumsi coklat. Atau bahkan kebiasaan mereka yang tidak bersih saat menggosok gigi mereka. Perlu diperhatikan bahwa coklat dan makanan apapun dapat menjadi penyakit pada gigi apabila tidak dibersihkan dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.